OUT BOUND SEDERHANA

RENCANA PETUNJUK
OUTBOUND COMPETITION SMP NEGERI 1 TAHUN 2017
I.          Winning Eleven Challenge
Tantangan ini berjumlah 11 tantangan yang bisa diikuti oleh seluruh peserta dalam waktu yang sudah di tentukan, di tantangan ini akan ada 11 medali yang bisa didapatkan oleh seluruh peserta. Dimana tantangan ini membutuhkan manajemen waktu, skill, kecepatan serta kerjasama tim yang baik untuk menyelesaikan semua tantangan Winning Eleven. Tantangan ini akan dibuka selama 120 menit sesuai jadwal yang telah ditetapkan. berikut 11 tantangan Winning Eleven
1.         Tantangan Dasa Dharma : Tantangan ini akan berbentuk puzzle (menyusun kata Dasa Dharma), dimana peserta akan mengambil undian terlebih dahulu, kemudian menyebutkan dharma sesuai dengan nomor undian yang di dapat, selanjutnya peserta akan menyusun kata-kata sesuai dharma yang disebutkan di papan yang sudah disediakan oleh panitia. Peserta untuk tantangan ini perwakilan 1 orang dari setiap regu putra maupun putri. 1 (satu) tantangan langsung dilakukan oleh maksimal 4 (empat) regu. Waktu yang ditentukan adalah 1 menit.
2.         Tantangan Lagu Indonesia Raya : Tantangan ini akan bermain tebak-tebakan tentang Lagu Indonesia Raya, dimana  para peserta mengambil undian bait lagu yang harus dinyanyikan oleh peserta. Setelah peserta mengambil nomor undian bait lagu peserta diminta untuk menyanyikan bait lagu sesuai undian. Tantangan ini akan diwakili oleh 1 orang dari setiap regu putra maupun regu putri, 1 (satu) tantangan langsung dilakukan oleh maksimal 4 (empat) regu. waktu untuk tantangan ini maksimal 1 menit. Lirik lagu indonesia raya dibagi menjadi sebagai berikut:
Bait 1
Indonesia tanah airku, Tanah tumpah darahku
Disanalah aku berdiri, Jadi pandu ibuku

Bait 2
Indonesia kebangsaanku, Bangsa dan tanah airku
Marilah kita berseru, Indonesia bersatu

Bait 3
Hiduplah tanahku, Hiduplah negeriku
Bangsaku rakyatku semuanya, Bangunlah jiwanya
Bangunlah badannya, Untuk indonesia raya

Bait 4
Indonesia raya, Merdeka merdeka, Tanahku negeriku yang kucinta
Indonesia raya, merdeka merdeka, hiduplah indonesia raya

3.         Tantangan Pancasila : Tantangan ini  berhubungan dengan lima sila serta lambang sila yang ada di burung garuda, peserta akan mengambil undian, dimana undian berisi lima sila, setelah mengambil undian nomor sila peserta diminta menyebutkan sila yang dimaksud. Kemudian peserta diminta mencari lambang sila yang dimaksud dan menempelkan dengan benar di periasi garuda. Untuk  tantangan ini akan diwakili oleh satu orang dari setiap regu putra maupun regu putri1 (satu) tantangan dapat diikuti oleh 5 (lima) peserta.Waktu untuk tantangan ini maksimal 1 menit peranak.
4.         Tantangan PBB : Tantangan ini berhubungan dengan baris berbaris dimana komando dari panitia, jumlah komando adalah maksimal5 kali, jika ada peserta yang anggota regunyasalah maka  langsung  tidak dapat medali. Tantangan ini akan diwakili oleh 4 (empat) orang dari setiap regu putra maupun regu putri. 1 (Satu) tantangan langsung di lakukan olehmaksimal5 (lima) regu. Waktu yang ditentukan tentative dan maksimal 120 menit.
5.            Tantangan PPGD (P3K) : isi tantangan ini peserta diminta untuk menyelesaikan kasus kecelakaan dengan memberikan pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K) sesuai dengan kasus yang diambil oleh peserta saat undian. Kemudian peserta diminta untuk membuat tandu dan mengangkat korban dari tempat kecelakaan ke lokasi yang ditentukan oleh panitia. Properti dari peserta berupa; 2 Tongkat, tali secukupnya, mitela, bidai dan P3K lainnya. Tantangan ini diwakili oleh 5 (lima) orang dari setiap regu putra maupun putri. Waktu tentative dan selama 120 menit (pos tantangan masih dibuka)
6.         Tantangan Arah Mata Angin : Tantangan menentukan arah mata angin, dimana komando dari panitia, akan ada tongkatmelingkar yang menjadi titi arah mata angin. Sebagai penunjuk arah dimana panitia membawa bendera sebagai tanda arah utara. Peserta maksimal 7 regu dan masing-masing regu diwakili oleh satu orang. peserta akan diminta mengambil label yang telah berisi arah mata angin. Selanjutnya peserta melingkar di dalam lingkaran tongkat, ketika panitiamenuju ke salah satu tongkat sebagai arah utara maka peserta mencari arah mata mata angin sesuai label yang telah dipegangnya dan berdiri ditongkat tersebut.  Waktu mencari arah mata angin 5 detik setelah arah utara di tentukan oleh panitia.

7.         Tantangan English Corner : Tantangan ini peserta diminta untuk bercerita menggunakan bahasa Inggris tentang Pramuka. Dimana sebelumnya peserta sudah membuat tulisan minimal 100 karakter. Pada saat di lokasi tantangan, tulisan yang telah dibuat diserahkan kepada panitia kemudianpeserta memaparkan tulisan bahasa Inggrisnya sesuai dengan yang ditulis. Tantangan ini akan diwakili oleh 1 (satu) orang dari setiap regu putra dan regu putri secara bergantian. Waktu yang di tentukan adalah 1 menit.
8.         Balls Challenge
Pada tantangan ini, peserta di ajak bermain dengan menggunakan bola, dimana disini dibutuhkan konsentrasi, kreativitas, keterampilan serta kekompakan regu. Akan ada 4 (empat) tantangan pada Balls Challenge, setiap tantangan bernilai 1 (satu) medali, dimana setiap regu bisa mendapatkan 4 medali bila bisa menyelesaikan setiap tantangan. Tantangan ini akan dibuka selama 120 menit sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Berikut tantangan  Balls Challenge :

a.    Bola Piring      : Tantangan ini bermain dengan menggunakan bola plastik kecil (pingpong) dan menggunakan piring plastik, dimana bola akan dipindah dari garis start sampai garis finishmenggunakan sisi bagian belakang piring, tantangan ini akan diikuti oleh 7 (tujuh) orang setiap regu. Jarak antara garis start sampai dengan garis finish antara 3,5 s.d 4 meter. Waktu untuk tantangan ini 2 (dua) menit.
b.   Bola Keseimbangan         : Tantangan ini bermain dengan menggunakan bola plastik dan menggunakan paralon yang ditali, lalu mengangkat paralon yang di atasnya ada bola dari start menuju finish. Tantangan ini akan diikuti oleh 7 (tujuh) orang setiap regu. Jarak antara garis start sampai dengan garis finish antara 3,5 s.d 4 meter. Waktu untuk tantangan ini tentative dan maksimal 2 (dua) menit
c.    Bola Paralon : Tantangan ini bermain dengan menggunakan Bola plastik kecil (pingpong) dan menggunakan setengah paralon, lalu bola digelindingkan dari start sampai finis menggunakan paralon,anggota tubuh tidak boleh menyentuh bola dan bola harus dijatuhkan setelah garis finis. Posisi kaki tetap ditempat dan tidak boleh berpindah. tantangan ini akan diikuti oleh 7 (tujuh) orang setiap regu. Jarak antara garis start sampai dengan garis finish antara 3,5 s.d 4 meter. Waktu untuk tantangan ini tentativedan maksimal 2 (dua) menit
d.   Bola Lempar : Tantangan ini bermain dengan menggunakan bola pingpong dan 6 gelas plastik yang sudah dilem di papan. Satu peserta bertugas sebagai pembawa papan yang telah ada gelasnya dan 6 peserta lain diberi masing-masing satu bola untuk dilempar dan dimasukkan ke dalam gelas. Pembawa gelas berusaha menangkap bola dimana bola. Jika empat bola masuk ke dalam gelas maka akan mendapatkan satu medali. Tantanganini akan diikuti oleh 7 (tujuh) orang setiap regu. Waktu untuk tantangan ini tentative dan maksimal 2 (dua) menit.

9.         Tantangan Rambu Lalu Lintas : Tantangan ini akan bermain dengan menebak rambu-rambu lalu lintas.  Peserta akan mendapat dua perintah dari panitia. Yang pertama, panitia akan menunjuk salah satu rambu lalu lintas dan peserta diminta untuk menyebutkan arti rambu tersebut. Yang kedua, panitia menyebutkan arti rambu lalu lintas dan peserta diminta untuk menunjuk rambu yang dimaksud. Tantangan ini akan diwakili oleh 1 (satu) orang dari setiap regu putra maupun regu putri. Waktu yang ditentukan maksimal adalah 1(satu) menit.
10.    Tantangan Poster On the Spot : Tantangan ini merupakan tantangan untuk membuat poster (menggambar) dengan tema yang di tentukan (yaitu: aku bangga menjadi pramuka, mari ikut pramuka, satu pramuka untuk satu Indonesia) dan bahan dari peserta (kertas gambar A4, spidol, crayon, pensil dll), tantangan ini akan diikuti oleh 1 (satu)orang dari setiap regu putra maupun regu putri. Waktu yang ditentukan maksimal 120 menit.
11.    Tantangan Physical Exercise : Tantangan ini peserta akan melewati beberapa halang rintangyaitu tantangan melewatihula hoop, melewati merayap, kemudian peserta melakukan lari karung. Tantangan ini akan diikuti 1 (satu) orang dari setiap regu putra maupun regu putri. Waktu yang ditentukan 1 (satu) menit untuk 1 (orang)




Golden Scouts Challenge
Tantangan ini memperebutkan 10 medali. Peserta akan bermain dengan pertanyaan benar atau salah dan pilihan ganda yang dibacakan oleh panitia, dimana peserta nantinya mengangkat papan jawaban yang disediakan oleh panitia. Peserta diikuti oleh 2 (dua) orang dari setiap regu, dimana tantangan ini akan diikuti oleh maksimal 84 (delapan puluh empat) reguwaktu tantangan ini 120 menit.
a.  Babak 1      : Ada pertanyaan double choice dimanayang salahakan tersingkir, babak ini berakhir ketika tersisamaksimal 20 tim (tentative).
b.  Babak 2   : Ada pertanyaan multiple choice dimana yang salah akan tersingkir, babak ini berakhir ketika tersisa maksimal 3 (tiga)tim (tentative).
c.  Final             : Ada pertanyaan lisan dimana peserta yang paling cepat menjawab dan berhasil mengumpulkan skor tertinggi adalahpemenangnya.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

LAPORAN KEGIATAN KPD

PROFIL PEMBINA PENEGAK

PROPOSAL KEGIATAN