Juknis kegiatan

Official Rules of
INDONESIA Scouts Challenge 2015-2016

PERATURAN UMUM
Keputusan Panitia tidak dapat diganggu gugat.
Panitia berhak menginterpretasikan peraturan sesuai persepsi panitia.
Panitia berhak penuh menerima dan menolak peserta Indonesia Scouts Challenge 2015-2016.
Peserta Indonesia Scouts Challenge 2015-2016 adalah anggota regu dan Pembina dari Gugus Depan atau Satuan Komunitas yang terdaftar.
Peserta wajib mengikuti seluruh rangkaian kegiatan Indonesia Scouts Challenge 2015-2016 dan tepat waktu.
Peserta Indonesia Scouts Challenge 2015-2016 wajib hadir ketika Technical Meeting di tempat yang sudah ditentukan. Setiap regu dihadiri perwakilan Pembina dan Pemimpin Regu.
Satu regu wajib mendaftarkan 10 (sepuluh) orang anggota regu dan satu orang Pembina. Anggota regu harus berasal dari satu Gugus Depan atau Satuan Komunitas yang sama. Peserta tidak diperbolehkan merangkap menjadi peserta dari regu lain maupun sebagai panitia Indonesia Scouts Challenge 2015-2016.
Satu Gugus Depan atau Satuan Komunitas boleh mengirimkan lebih dari satu regu putra dan putri.
Batas akhir pergantian anggota peserta adalah seminggu setelah Technical Meeting.
Indonesia Scouts Challenge 2015-2016 anti bullying, setiap peserta yang terbukti melakukan bullying akan dikenakan sanksi (lihat pasal pelanggaran dan sanksi).
Selama waktu seleksi, tapak kemah harus rapi dan bersih.
Selama kegiatan Indonesia Scouts Challenge 2015-2016 peserta dalam satu regu harus selalu menggunakan uniform (seragam) yang sama. Hari pertama peserta wajib memakai seragam Pramuka. Hari kedua peserta wajib memakai seragam Indonesia Scouts Challenge 2015-2016 dari panitia.
Seluruh peserta dilarang membawa barang berbahaya seperti tabung elpiji, senjata tajam, dan barang lainnya yang tidak sesuai dengan kebutuhan di bumi perkemahan.
Seluruh peserta dilarang membawa dan mengkonsumsi minuman beralkohol.
Seluruh peserta dilarang membawa dan merokok di bumi perkemahan.
Seluruh peserta kecuali Pembina dilarang membawa handphone, gadget, maupun alat elektronik lainnya.


SYARAT PENDAFTARAN INDONESIA SCOUTS CHALLENGE

Pendaftaran terbuka untuk Gugus Depan atau Satuan Komunitas di Kwartir Cabang Kota atau Kabupaten setempat.
Pendaftaran Indonesia Scouts Challenge 2015-2016 berlangsung pada:
1 Juli – 30 September 2015 untuk wilayah Kwartir Daerah DI Jogjakarta.
1 Juli – 30 September 2015 untuk wilayah Kwartir Daerah Jawa Tengah.
1 Juli – 30 September 2015 untuk wilayah Kwartir Daerah Banten.
1 Juli – 30 September 2015 untuk wilayah Kwartir Daerah Jawa Barat.
1 September – 31 Desember 2015 untuk wilayah Kwartir Daerah Jawa Timur.
1 September – 31 Desember 2015 untuk wilayah Kwartir Daerah DKI Jakarta
1 September – 31 Desember 2015 untuk wilayah Kwartir Daerah Bali.
Indonesia Scouts Challenge 2015-2016 hanya untuk pelajar kelas 4 (empat) dan 5 (lima) Sekolah Dasar.
Setiap Gugus Depan atau Satuan Komunitas diperbolehkan mengirimkan lebih dari satu regu putra dan putri.
Setiap regu wajib mendaftarkan 10 (sepuluh) orang anggota regu (termasuk Pemimpin Regu) dan 1 (satu) orang Pembina.
Setiap regu harus menyertakan:
Formulir pendaftaran yang sudah diisi dalam bentuk cetak atau soft file,
Surat rekomendasi dari sekolah,
Surat pernyataan Pembina,
Surat persetujuan dari orang tua masing-masing anggota regu,
Surat keterangan sehat masing-masing anggota regu,
Masing-masing anggota regu memberikan biaya perkemahan (camp fee) sebesar Rp 100.000 (seratus ribu rupiah) dan akan mendapatkan fasilitas seragam Indonesia Scouts Challenge 2015-2016, serta asuransi yang akan menanggung personal accident selama kegiatan berlangsung.

PERATURAN KHUSUS
1. REGU DAN ANGGOTA REGU
Registrasi untuk masuk ke camping ground pukul 06.00 WIB.
Setiap regu wajib mempunyai satu orang pemimpin regu dan satu orang wakil pemimpin regu yang diambil dari anggota regu.
Anggota regu harus berasal dari Gugus Depan atau Satuan Komunitas yang sama.
Anggota dan pemimpin regu adalah siswa aktif kelas empat atau kelas lima Sekolah Dasar (Penggalang Ramu) dari sekolah tempat Gugus Depan atau Satuan Komunitas berasal.
Setiap regu harus memiliki yel-yel yang tidak mengandung unsur SARA, pornografi dan pornoaksi.
Setiap peserta wajib membawa:
Seragam Pramuka lengkap,
Perlengkapan ibadah,
Alat tulis-menulis,
Peralatan dan bahan makanan mentah,
Air minum secukupnya,
Perlengkapan mandi,
Sepatu,
Sandal,
Obat-obatan,
Matras (tentatif),
Sleeping Bag (tentatif),
Jas Hujan,
Seragam Olahraga.
Setiap regu wajib memiliki:
Tenda kapasitas 11 orang,
Peralatan berkemah,
Alat masak. Bukan kompor gas elpiji,
Kantong sampah atau trash bag minimal 3 buah,
Alat dan bahan untuk lomba.


2. PEMBINA
Pembina tidak boleh merangkap sebagai pembina regu lain, meskipun regu tersebut berasal dari satu Gugus Depan atau Satuan Komunitas yang sama.
Pembina harus memiliki jenis kelamin (gender) yang sama dengan anggota regu yang didampinginya.
Pembina berusia minimal 21 tahun per 14 Agustus 2015.
Menyerahkan fotokopi Kartu Tanda Anggota dan Ijazah Kursus Mahir Dasar/ KMD (tentatif).
Pembina bertanggung jawab penuh terhadap anggota regu yang dibinanya.
Pembina hanya diperbolehkan memberikan saran teknis kepada anggota regu yang didampinginya.
Pembina boleh mengatur strategi tetapi tidak boleh memasuki area tantangan kecuali tapak kemah.
Pembina wajib menggunakan seragam Pramuka selama kegiatan berlangsung.

3. PELANGGARAN DAN SANKSI
Setiap peserta yang melanggar ketentuan-ketentuan atau tata tertib akan dikenakan sanksi, mulai dari peringatan hingga diskualifikasi.
Setiap peserta yang melakukan manipulasi data anggota regunya maka regu yang bersangkutan akan didiskualifikasi dan semua gelar yang didapatkan akan dibatalkan.
Setiap regu yang tidak hadir di Technical Meeting wajib menerima segala hasil Technical Meeting.
Selama kegiatan Indonesia Scouts Challenge 2015-2016 berlangsung, setiap peserta yang melakukan pelanggaran di bawah ini akan dikenakan peringatan hingga sanksi diskualifikasi. Yaitu:
Regu yang tidak didampingi Pembina,
Beranggota kurang dari 10 (sepuluh) orang ketika registrasi ke camping ground,
Membawa gadget,
Membawa rokok, narkoba, minuman beralkohol, dan atau senjata tajam,
Menggunakan listrik tanpa izin panitia,
Melakukan kecurangan dalam menyelesaikan tantangan,
Melakukan bullying baik verbal dan atau nonverbal,
Memasuki tapak kemah regu lain tanpa seizin atau undangan dari regu lain,
Menimbulkan keonaran dan perkelahian,
Melakukan tindak kriminal,
Setiap peserta yang tidak menggunakan seragam sesuai aturan dilarang mengikuti segala kegiatan Indonesia Scouts Challenge 2015-2016. Hanya diperbolehkan korve (jaga tenda).
Setiap regu tidak diperbolehkan meninggalkan tapak kemah dalam kondisi kotor atau berantakan.


4. PROTES
Protes harus dilakukan secara formal dan tertulis, diketahui dan ditandatangani oleh Pembina serta Kepala Sekolah yang melakukan protes.
Batas waktu pengajuan protes maksimal 1 x 24 jam setelah kejadian.
Protes yang diajukan tidak mengubah hasil akhir penilaian.
Protes yang diajukan akan dimusyawarahkan untuk mendapatkan solusi terbaik.

5. FORCE MAJEUR
Keadaan force majeur adalah segala sesuatu yang terjadi di luar kehendak manusia yaitu, sakit, kecelakaan, meninggal, dan bencana alam. Panitia berhak menentukan penggunaan alasan force majeur dalam interpretasi peraturan.

6. TAMBAHAN
Segala bentuk kerusakan barang panitia yang disebabkan oleh peserta harus diganti sepenuhnya (100 persen) oleh peserta.
Peraturan dapat berubah apabila terjadi force majeur dan atau kebutuhan panitia. Perubahan peraturan hanya boleh dilakukan oleh panitia
dan akan disosialisasikan kepada peserta (saat Technical Meeting atau melalui media Jawa Pos Group).
PETUNJUK PELAKSANAAN INDONESIA SCOUTS CHALLENGE 2015-2016

Setiap regu wajib melakukan registrasi ketika masuk wilayah bumi perkemahan.
Panitia akan melakukan pengecekan. Panitia berhak melarang peralatan dan perlengkapan yang tidak sesuai dengan peraturan.
Setiap regu wajib mengikuti upacara pembukaan.
Setiap regu membangun tenda bersama-sama setelah upacara pembukaan, sesuai jadwal, lokasi, dan posisi yang ditentukan panitia.
Panitia membunyikan sirene sebagai tanda awal atau akhir setiap kegiatan.
Peserta dilarang memasuki tapak kemah regu lain kecuali diundang atau dalam kondisi force majeur. Regu putra dilarang memasuki area perkemahan regu putri atau sebaliknya tanpa izin terlebih dahulu panitia.
Tapak kemah harus memenuhi enam kriteria. Yaitu:
Tata letak:
Luas tapak kemah minimal 4 X 6 meter (bisa berubah disesuaikan dengan lokasi bumi perkemahan di Kota atau Kabupaten setempat).
Jumlah tenda yang dibangun tidak dibatasi asalkan tidak melebihi batas tapak kemah yang telah disediakan. Pasak dan tali juga dilarang melewati batas tapak kemah.

Tenda:
Harus berdiri kokoh.
Area dalam tenda tertata rapi dan bersih.
Pengembangan fungsi area:
Area tapak kemah dapat dilengkapi berbagai fasilitas tambahan yang wajib terbuat dari bahan kayu, bambu, rotan, tali, serta harus dirangkai di lokasi (pionering). Misalnya: jemuran, rak sepatu, rak piring, dll.
Keamanan dan keselamatan:
Peserta dilarang meninggalkan tenda tanpa penjagaan.
Peserta wajib menyiapkan peralatan P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan).
Setiap tapak kemah harus siap untuk segala kondisi force majeur.
Dapur atau area makan:
Peserta wajib memasak untuk kebutuhan konsumsi regunya. Tidak diperkenankan membawa makanan langsung jadi (minimal harus melalui satu tahapan olahan.  Misal: direbus atau diseduh).
Alat memasak tertata rapi dan bersih.
Lingkungan:
Peserta wajib menjaga kebersihan tapak kemah.
Sampah harus ditempatkan di plastik sampah yang dibawa oleh regu masing-masing.
Sistem Kompetisi :

Seleksi pelaksanaan Indonesia Scouts Challenge 2015-2016 akan dilakukan menjadi tiga bagian. Seleksi di tingkat Kabupaten/ Kota, kemudian tingkat Provinsi dan terakhir di tingkat Nasional (National Championship).
Seleksi perkemahan di tingkat Kabupaten/Kota akan diadakan selama dua hari. Lima tim yang berhasil mengumpulkan medali paling banyak berhak maju ke babak final. Pemenang di babak final berhak melaju ke seleksi tingkat Provinsi.
Tahap selanjutnya adalah seleksi di tingkat provinsi yang akan diikuti oleh perwakilan regu putra dan regu putri yang lolos mewakili Kabupaten/Kota. Kuota regu yang lolos mewakili Kabupaten/Kota akan ditentukan secara mufakat dengan Kwarda. Tingkat partisipasi atau jumlah total peserta di tingkat Kabupaten/Kota masing-masing akan menentukan kuota.
Di babak akhir seleksi, yaitu National Championship akan  diikuti oleh 5 (lima) regu Putra dan 5 (lima) regu Putri dari setiap provinsi yang lolos seleksi.
Di babak National Championship akan dipilih satu juara regu putra dan satu juara regu putri yang akan berhak mendapat hadiah pergi ke Amerika Serikat.


Rencana Jadwal Kegiatan Seleksi di tingkat Kabupaten/ Kota :

Hari I
Pukul Kegiatan
06.00 – 08.00 : Registrasi
08.00 – 09.00 : Upacara
09.00 – 11.00 : Bangun tenda
11.00 – 13.00 : ISOMA
13.00 – 15.00 : Game 1 (tentang kebangsaan dan
  pramuka )
15.00 – 16.00 : ISOMA
16.00 – 18.00 : Game 2 (Permainan dan
   Kekompakan)
18.00 – 19.00 : ISOMA
19.00 – 21.00 : Game 3 (Kreatifitas)

Hari II
06.00 – 07.00 : Senam pagi
07.00 – 09.00 : Makan Pagi
09.00 – 10.00 : Game 4 (tentang Ketangkasan)
10.00 – 11.00 : Babak Final
11.00 – 12.00 : Closing ceremony/Pemberian
 hadiah kepada pemenang
11.00 – 12.00 : Bongkar Tenda

GAMES of
INDONESIA Scouts Challenge 2015-2016

gAME 1
PERATURAN UMUM
Dalam games 1, akan terbagi 2 (dua) sesi dalam waktu 2 (dua) jam, dengan masing-masing sesi akan di beri waktu satu jam . Regu putra dan regu putri akan secara bergantian melaksanakan permainan di setiap sesi.
Setiap tim wajib mengirimkan perwakilan peserta untuk bermain games dalam setiap sesi , sesuai dengan aturan permainan yang ditentukan oleh panitia.
Panitia akan memberikan 10 tiket untuk bermain games (5 tiket di setiap sesi), tiket berfungsi sebagai akses perwakilan tim untuk bermain games dan mendapat medali.
Seluruh anggota tim wajib terlibat aktif bermain tantangan baik di sesi satu maupun sesi dua.
Batas untuk menyelesaikan setiap tantangan di sesi satu dan sesi dua akan berbeda. Teknis detail permainan akan di jelaskan panitia lebih detail dalam Technical Meeting.
Perwakilan peserta dalam setiap tim boleh mencoba berulang-ulang jika gagal di setiap tantangan permainan.
Setiap tim berhak memperoleh medali maksimal dalam setiap games. Jika dalam percobaan pertama atau selanjutnya peserta sudah memeperoleh medali tetapi belum mencapai maksimal, peserta boleh mencoba kembali dengan cara menukarkan perolehan medali yang di dapat di games tersebut  untuk mencapai jumlah medali yang lebih baik.

PERMAINAN DI SESI 1
TANTANGAN P3K
Peraturan:
Permainan ini adalah permainan yang mengasah kemampuan dan ketrampilan peserta dalam menanggapi  kecelakaan secara darurat
Tantangan yang diberikan berupa studi kasus dan penyelesaiannya dalam memberikan pertolongan pertama beserta pembuatan tandu dari tongkat pramuka.
Tongkat pramuka, tali dan alat P3K disiapkan oleh  peserta.
Setiap regu terdiri dari 3 orang.
Waktu pengerjaan: 10 menit.

Jumlah Medali yang diperoleh:
Peserta yang bisa menyelesaikan tantangan ini akan mendapat 10 medali.








TANDA DAN SIMBOL PRAMUKA
Peraturan:
Tujuan permainan ini untuk menguji peserta akan pengetahuan atribut  pramuka.
Semua atribut dan manekin disediakan panitia.
Peserta boleh memulai permainan setelah panitia memberikan aba-aba untuk memulai.
Setiap regu terdiri dari 2 orang. 2 pemain akan bertugas menempelkan atribut dan pengertian atribut tersebut di manekin.
Peserta akan memasang atribut pramuka dan pengertian atribut tersebut sesuai ketentuan atribut putra atau atribut putri, disesuaikan jenis regu yg bermain di sesi tersebut.
Waktu pengerjaan: 3 menit.

Jumlah Medali yang diperoleh:
Memasang dengan benar 1-5 atribut : 1 medali.
Memasang dengan benar 6-8 atribut : 2 medali.
Memasang dengan benar 9-10 atribut: 3 medali.
Memasang dengan benar semua atribut
(11 atribut) mendapat 5 medali.













GAME ASAH OTAK
Peraturan
Permainan ini menguji pengetahuan peserta dalam matematika, pengetahuan umum dan sandi dalam Pramuka.
Dalam permainan ini peserta akan menjawab total 12 pertanyaan untuk membuka kotak berisi medali sesuai tingkat kesulitan kunci gembok tersebut.
Terdapat 3 jenis kunci gembok yang mengikuti tingkat kesulitan tiap kotak.
Untuk mendapatkan pertanyaan selanjutnya peserta harus menyelesaikan kotak pertama, karena pertanyaan untuk kotak selanjutnya berada di tiap kotak yang terkunci.

Jumlah Medali yang diperoleh:
Membuka kotak:
Bisa membuka kotak pertama : 1 medali
Bisa membuka kotak kedua    : 2 medali
Bisa membuka kotak ketiga    : 7 medali








1.4 SUSUN KATA
Peraturan:
Peserta harus menyusun kata yang awalnya vertikal, menjadi horizontal sesuai dengan kata awal, dengan cara menggeser setiap huruf hinga tersusun kembali menjadi kata.
Setiap regu terdiri dari 1 Peserta.
Waktu pengerjaan: 2 menit

Jumlah Medali yang diperoleh:
Peserta yang bisa menyelesaikan tantangan ini dalam waktu 2 menit akan  mendapat  5 medali.



















NAVIGASI
Peraturan:
Permainan ini bertujuan untuk menguji pengetahuan peserta mengenai arah mata angin.
Peserta akan mendapat 5 (lima) pertanyaan dengan petunjuk yang sudah diberikan.
Setiap regu terdiri dari 1 orang
Waktu pengerjaan: 3 menit

Jumlah Medali yang diperoleh:
Peserta yang bisa menjawab benar pertanyaan akan mendapat medali sebagai berikut:
Benar 1-2 pertanyaan : 1 medali
Benar 3-4 pertanyaan : 2 medali
Benar 5 pertanyaan : 4 medali












SESI 2
2.1 KOTAK RASA
Peraturan:
Permainan ini bertujuan agar peserta bisa mengidentifikasi atau mengenali suatu benda.
Peserta akan diuji untuk megenali 12 benda yang diletakan dalam 12 kotak tertutup dengan meraba benda yang ada dalam kotak tersebut.
Peserta menjawab dengan menulis di kertas yang telah disediakan panitia.
Setiap regu terdiri dari 2 orang
Waktu pengerjaan: 3 menit

Jumlah Medali yang diperoleh:
Benar mengidentifikasi  4 benda : 1 medali
Benar mengidentifikasi 8 benda : 2 medali
Benar mengidentifikasi semua benda : 4 medali










2.2 FIND THE LOST WORD
(MENCARI KATA YANG HILANG)
Peraturan:
Tujuan permainan ini untuk menguji pengetahuan peserta tentang dasa darma pramuka dan pancasila.
Peserta akan mencari kata yang hilang dalam sebuah kalimat. Kata yang dicari akan ditaruh panitia dalam kotak yang berisi kumpulan kata.
Setiap regu terdiri dari 2 orang
Waktu pengerjaan: 3 menit

Jumlah Medali yang diperoleh:
Benar menjawab 1-3 soal : 1 medali
Benar menjawab 4-5 soal : 2 medali
Benar menjawab 6-7 soal : 3 medali
Benar menjawab 8-9 soal : 4 medali
Benar menjawab semua soal : 6 medali










2.3 AKU CINTA INDONESIA
Peraturan:
Permainan ini menguji pengetahuan peserta tentang Indonesia, mulai dari pahlawan Indonesia, baju adat, kesenian tradisional hingga bangunan atau ikon kota di Indonesia.
Peserta akan di berikan 10 pertanyaan pengetahuan tentang indonesia, peserta akan mencari gambar yang sesuai soal. Kemudian gambar tersebut wajib ditempelkan dengan benar sesuai lokasi asal soal.
Setiap regu terdiri dari 2 orang
Waktu pengerjaan: 3 menit

Jumlah Medali yang diperoleh:
Benar menjawab 1-3 soal : 1 medali
Benar menjawab 4-5 soal : 2 medali
Benar menjawab 6-7 soal : 3 medali
Benar menjawab 8-9 soal : 4 medali
Benar menjawab semua soal : 6 medali







2.4 ENGLISH CORNER
Peraturan:
Permainan ini bertujuan untuk menguji kemampuan Bahasa Inggris para peserta.
Peserta telah disediakan 1 white board dan 1 box berisi huruf-huruf.
Peserta harus mengartikan kata Bahasa Indonesia ke dalam Bahasa Inggris dan sebaliknya.
Huruf-huruf yang dibutuhkan bisa di cari di kotak yang berisi kumpulan huruf.
Setiap regu terdiri dari 2 orang.
Waktu pengerjaan: 3 menit.

Jumlah Medali yang diperoleh:
Benar  5 – 9 kata : 1 medali
Benar 10 – 14 kata : 2 medali
Benar 15 – 19 kata : 4 medali






2.5 TEBAK LAGU
Peraturan:
Permainan ini menguji pengetahuan peserta mengenai lagu tradisional, pramuka dan nasional.
Peserta akan mendengarkan 6 lagu tanpa berhenti, tugas peserta menjawab judul lagu yang mereka dengarkan dengan menulisnya di kertas yang disediakan panitia.
Setiap regu terdiri dari 1 orang
Waktu pengerjaan: 3 menit

Jumlah Medali yang diperoleh:
Benar 2-3 judul lagu :  1 medali
Benar 4-5 judul lagu :  2 medali
Benar semua :  4 medali










GAME 2

SESI 1
Pengertian:
Game ke dua 2 adalah salah satu permainan yang lebih mengutamakan kekompakan anggota tim untuk mendapatkan medali. Permainan ini akan dilakukan oleh seluruh regu peserta putri dan putra. Game ini akan terbagi menjadi
Sistem Permainan:
Seluruh anggota regu wajib ikut bermain.
1 regu dibagi menjadi 2 team, team A dan team B.
Team A berjumlah 3 anggota, sedangkan team B berjumlah 6 anggota.
Team A bertugas menyelesaikan game Estafet Sekoci.
Team B bertugas menyelesaikan Balap Tongkat Pramuka.
Team A memulai start menuju ke tim B.
Tim B menyelesaikan tantangan menuju garis finish.
Penghargaan:
Juara tiap gelombang (yang paling cepat finish) akan mendapatkan medali.
Juara tiap gelombang akan ditandingkan kembali dengan juara gelombang lainnya untuk mendapatkan medali ekstra.

ALURNAMAJARAKJUMLAH PESERTAAESTAFET SEKOCI20m3BBALAP TONGKAT PRAMUKA20m6








SESI 2
Pengertian:
Game sesi 2 adalah permainan yang juga melatih kekompakan seluruh anggota ditiap regunya untuk mendapatkan medali. Permainan ini akan dilakukan oleh seluruh regu peserta putri dan putra.


Peraturan  permainan:
Seluruh anggota regu wajib ikut bermain.
1 regu dibagi menjadi 2 team , team A dan team B.
Team A berjumlah 5 anggota sedangkan team B berjumlah  4 anggota .
Team A bertugas menyelesaikan permainan adu cepat Lingkaran Persahabatan kemudian dilanjutkan balap karung dari titik A ke titik B oleh orang terakhir di permainan Lingkaran Persahabatan.
Team B bertugas menyelesaikan permainan adu cepat Kaki Seribu  dari titik B ke titik A untuk mencapai garis finish.
Penghargaan:
Juara tiap gelombang (yang paling cepat finish) akan mendapatkan medali.
Juara tiap gelombang akan ditandingkan kembali dengan juara gelombang lainnya untuk mendapatkan medali ekstra.








GAME 3

HASTA KARYA

Melatih tingkat kreatifitas peserta dalam mengolah bahan bekas berupa stick es cream.

Teknis Permainan :
Tiap regu kelompok akan diberikan waktu 2 jam pengerjaan.
Jika telah selesai pengerjaan , hasil karya diserahkan ke panitia.

Penghargaan:
5 tim putra dan 5 tim putri terbaik akan mendapatkan bingkisan keperluan sekolah.













GAME 4

GOLDEN SCOUTS CHALLENGE
Peraturan:
Sesi ini peserta akan diuji pengetahuannya untuk menjawab pertanyaan yang ada di layar besar dalam bentuk video, gambar, dan soal dengan jawaban benar , salah dan essay. Total waktu session 4 adalah 2 jam
Tema untuk tantangan ini meliputi
Pramuka
Bahasa Inggris
Pelajaran
Pengetahuan umum
Semua anggota regu wajib ikut
Setiap peserta akan mendapatkan papan jawaban

Penghargaan:
Anggota regu yang berhasil masuk 25 besar  akan mendapat masing-masing 1medali.
Jika 1 satu regu semua anggotanya masuk 25 besar, maka regu tersebut akan mendapatkan 9 medali (jumlah medali mengikut jumlah regu yang masuk ke 25 besar).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LAPORAN KEGIATAN KPD

PROFIL PEMBINA PENEGAK

PROPOSAL KEGIATAN